Fitur Advokasi Pengadaan Barang dan Jasa
08 Desember 2024
Bidang Ilmu
:
Bina Konstruksi
Penulis
:
ADMINISTRATOR
1
31
0
0
Halo Sobat PBJ, punya permasalahan pengadaan barang dan jasa, tapi bingung cara menyelesaikannya? Mau belajar
pengadaan barang dan jasa, tapi tidak tahu harus kemana? Ingin diskusi terkait pengadaan barang dan jasa dengan sesama
pelaku pengadaan di Kementerian PUPR? Nah, sebagai salah satu solusinya, Sobat PBJ dapat mengakses fitur advokasi PBJ
yang merupakan fitur pengembangan dari sistem informasi pengadaan barang dan jasa, atau SIPBJ.
Permasalahan seperti perbedaan pemahaman regulasi, pertanyaan dan permasalahan yang sering ditemui, hingga database
regulasi dan panduan bagi para pelaku pengadaan, semua terjawab pada fitur advokasi PBJ. Mau tahu menu apa saja
yang ada di fitur advokasi PBJ? Ada menu Question and Answer, Konsultasi Panel Ahli, Saran dan Masukan PBJ, Forum
Diskusi, serta Informasi. Penasaran cara menggunakan fitur advokasi PBJ ini? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini!
Pertama, Sobat PBJ dapat mengakses laman SIPBJ. Perlu diingat, untuk fitur advokasi PBJ ini hanya dapat diakses
oleh Kepala BP2JK atau TPBJK, Admin BP2JK atau TPBJK, POKJ Pemilihan, Tip Melaksana, dan Tim Peneliti. Silakan
akses halaman Login, kemudian klik Login. Masukkan User ID, Password, dan mengisi kode CAPTCHA. Jika sudah
selesai, klik Login. Selanjutnya, kita bahas setiap menu di fitur advokasi PBJ. Yuk, Sobat PBJ! Pertama, Question and
Answer atau Q&A. Dalam menu Q&A, Sobat PBJ dapat melihat daftar Frequently Asked Patients. Untuk melakukan
pencarian Q&A, maka dapat mengisi kolom kata kunci, kategori, status, dan atau jenis pengadaan. Dilanjutkan dengan klik
Cari. Database Q&A akan selalu diperbaharui sesuai dinamika lapangan. Jadi, sering-sering akses Q&A ya, Sobat
PBJ! Kedua, Konsultasi Panel Ahli Sobat PBJ bisa menggunakan menu ini untuk berkonsultasi dengan tim panel ahli.
Tetapi, akses terbatas hanya untuk Kepala BP2JK atau TPBJK ya. Untuk aning BP2JK atau TPBJK, pokja pemilihan, tim
pelaksana, dan tim peneliti dapat mengajukan konsultasi melalui Kepala BP2JK atau TPBJK. Untuk tahapan memulai
konsultasi, maka klik Mulai Konsultasi. Kemudian, masukkan jenis topik, memilih kategori, dan jenis pengadaan.
Selanjutnya, mengisi permasalahan atau pertanyaan terkait pengadaan barang dan jasa. Jika ingin mengunggah file, maka
klik Choose File. Setelah terisi, lalu klik Tambah. Apabila setelah memasukkan pertanyaan, namun ingin melengkapi
dokumen pendukung, Sobat PBJ dapat melakukan direct chat konsultasi dengan klik Aksi, lalu klik Admin Advokasi. Tim
panel ahli akan memberikan rekomendasi dari permasalahan yang diajukan. Jika Sobat PBJ masih ingin memberikan
tanggapan atas rekomendasi yang diberikan, maka dapat melanjutkan konsultasi dengan mengklik Aksi dan
memilih Rekomendasi Belum Sesuai Permasalahan. Ketiga, Saran dan Masukan PBJ. Jika ingin memberikan saran dan
masukan terkait pengembangan regulasi pengadaan barang dan jasa, Sobat PBJ bisa mengakses menu Saran dan Masukan
PBJ. Untuk membuat saran dan masukan, maka klik Mulai Saran dan Masukan. Sobat PBJ bisa memilih untuk menampilkan
identitas nama atau anonim. Silakan melengkapi form Saran dan Masukan PBJ, lalu klik Kirim. Sobat PBJ bisa ikut
membaca saran dan masukan PBJ yang disampaikan lho. Jika menyukai saran dan masukan PBJ tersebut, klik Sukai.
Keempat, Forum Diskusi. Dalam menu ini, Sobat PBJ bisa saling berdiskusi terkait pengadaan barang dan jasa. Untuk memulai
diskusi, klik Mulai Diskusi. Kemudian, lengkapi form diskusi baru. Lalu, klik Buat Diskusi. Jika Sobat PBJ menyukai
suatu topik diskusi, maka klik Sukai. Yuk, manfaatkan forum diskusi ini untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan
terkait pengadaan barang dan jasa. Kelima, Informasi. Banyak lho informasi pada menu ini yang bisa Sobat PBJ
dapatkan. Ada database NSPK, model dokumen pemilihan atau MDP, surat arahan, paparan atau materi, video, dan
panduan terkait pengadaan barang dan jasa. Untuk melakukan pencari informasi, maka dapat mengisi kolom kata kunci,
kategori, dan melanjutkan dengan klik Terapkan. Selain itu, Sobat PBJ juga dapat mengunduh file pada kolom file
pendukung dengan klik di sini. Nah, kelima menu ini sudah tersedia di Fitur Advokasi PBJ dalam SIPBJ ya. Cukup mudah
untuk diakseskan? Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi tim sekretariat konsultasi panel ahli
Kementerian PUPR. Yuk, manfaatkan fitur advokasi PBJ untuk memujudkan penyelenggaran pengadaan barang dan jasa
yang tertib, efektif, dan efisien.
pengadaan barang dan jasa, tapi tidak tahu harus kemana? Ingin diskusi terkait pengadaan barang dan jasa dengan sesama
pelaku pengadaan di Kementerian PUPR? Nah, sebagai salah satu solusinya, Sobat PBJ dapat mengakses fitur advokasi PBJ
yang merupakan fitur pengembangan dari sistem informasi pengadaan barang dan jasa, atau SIPBJ.
Permasalahan seperti perbedaan pemahaman regulasi, pertanyaan dan permasalahan yang sering ditemui, hingga database
regulasi dan panduan bagi para pelaku pengadaan, semua terjawab pada fitur advokasi PBJ. Mau tahu menu apa saja
yang ada di fitur advokasi PBJ? Ada menu Question and Answer, Konsultasi Panel Ahli, Saran dan Masukan PBJ, Forum
Diskusi, serta Informasi. Penasaran cara menggunakan fitur advokasi PBJ ini? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini!
Pertama, Sobat PBJ dapat mengakses laman SIPBJ. Perlu diingat, untuk fitur advokasi PBJ ini hanya dapat diakses
oleh Kepala BP2JK atau TPBJK, Admin BP2JK atau TPBJK, POKJ Pemilihan, Tip Melaksana, dan Tim Peneliti. Silakan
akses halaman Login, kemudian klik Login. Masukkan User ID, Password, dan mengisi kode CAPTCHA. Jika sudah
selesai, klik Login. Selanjutnya, kita bahas setiap menu di fitur advokasi PBJ. Yuk, Sobat PBJ! Pertama, Question and
Answer atau Q&A. Dalam menu Q&A, Sobat PBJ dapat melihat daftar Frequently Asked Patients. Untuk melakukan
pencarian Q&A, maka dapat mengisi kolom kata kunci, kategori, status, dan atau jenis pengadaan. Dilanjutkan dengan klik
Cari. Database Q&A akan selalu diperbaharui sesuai dinamika lapangan. Jadi, sering-sering akses Q&A ya, Sobat
PBJ! Kedua, Konsultasi Panel Ahli Sobat PBJ bisa menggunakan menu ini untuk berkonsultasi dengan tim panel ahli.
Tetapi, akses terbatas hanya untuk Kepala BP2JK atau TPBJK ya. Untuk aning BP2JK atau TPBJK, pokja pemilihan, tim
pelaksana, dan tim peneliti dapat mengajukan konsultasi melalui Kepala BP2JK atau TPBJK. Untuk tahapan memulai
konsultasi, maka klik Mulai Konsultasi. Kemudian, masukkan jenis topik, memilih kategori, dan jenis pengadaan.
Selanjutnya, mengisi permasalahan atau pertanyaan terkait pengadaan barang dan jasa. Jika ingin mengunggah file, maka
klik Choose File. Setelah terisi, lalu klik Tambah. Apabila setelah memasukkan pertanyaan, namun ingin melengkapi
dokumen pendukung, Sobat PBJ dapat melakukan direct chat konsultasi dengan klik Aksi, lalu klik Admin Advokasi. Tim
panel ahli akan memberikan rekomendasi dari permasalahan yang diajukan. Jika Sobat PBJ masih ingin memberikan
tanggapan atas rekomendasi yang diberikan, maka dapat melanjutkan konsultasi dengan mengklik Aksi dan
memilih Rekomendasi Belum Sesuai Permasalahan. Ketiga, Saran dan Masukan PBJ. Jika ingin memberikan saran dan
masukan terkait pengembangan regulasi pengadaan barang dan jasa, Sobat PBJ bisa mengakses menu Saran dan Masukan
PBJ. Untuk membuat saran dan masukan, maka klik Mulai Saran dan Masukan. Sobat PBJ bisa memilih untuk menampilkan
identitas nama atau anonim. Silakan melengkapi form Saran dan Masukan PBJ, lalu klik Kirim. Sobat PBJ bisa ikut
membaca saran dan masukan PBJ yang disampaikan lho. Jika menyukai saran dan masukan PBJ tersebut, klik Sukai.
Keempat, Forum Diskusi. Dalam menu ini, Sobat PBJ bisa saling berdiskusi terkait pengadaan barang dan jasa. Untuk memulai
diskusi, klik Mulai Diskusi. Kemudian, lengkapi form diskusi baru. Lalu, klik Buat Diskusi. Jika Sobat PBJ menyukai
suatu topik diskusi, maka klik Sukai. Yuk, manfaatkan forum diskusi ini untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan
terkait pengadaan barang dan jasa. Kelima, Informasi. Banyak lho informasi pada menu ini yang bisa Sobat PBJ
dapatkan. Ada database NSPK, model dokumen pemilihan atau MDP, surat arahan, paparan atau materi, video, dan
panduan terkait pengadaan barang dan jasa. Untuk melakukan pencari informasi, maka dapat mengisi kolom kata kunci,
kategori, dan melanjutkan dengan klik Terapkan. Selain itu, Sobat PBJ juga dapat mengunduh file pada kolom file
pendukung dengan klik di sini. Nah, kelima menu ini sudah tersedia di Fitur Advokasi PBJ dalam SIPBJ ya. Cukup mudah
untuk diakseskan? Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi tim sekretariat konsultasi panel ahli
Kementerian PUPR. Yuk, manfaatkan fitur advokasi PBJ untuk memujudkan penyelenggaran pengadaan barang dan jasa
yang tertib, efektif, dan efisien.
Deskripsi
-
Area Diskusi
Anda harus login untuk memberikan komentar